Header Ads Widget

Belajar Terus Seterusnya Pembelajar

Catatan Kebahagiaan (2)

Hanya dengan modal belajar otodidak saya tidak pernah gentar bersaing dengan yang lain. Mungkin sebagian beranggapan kalau saya terlalu percaya diri. Sebenarnya, bukan. Saya hanya berusaha menutupi kekurangan dengan kelebihan diri.

Bagi saya itu adalah cara paling (ny)aman. Setidaknya keberanian mengeksplorasi segala kemampuan membuat saya jauh lebih percaya diri. Setidaknya bagi saya seseorang yang cenderumg tertutup. Lewat banyak karya saya bisa bersuara. Melalui karya saya bisa menunjukkan kepada dunia, bahwa saya ada. Dengan banyak berbuat, banyak hal akan saya dapat. Dengan begitu akan membuat saya tidak lagi sempat memikirkan kekurangan saya. Pada akhirnya saya akan berusaha menjadikan kekurangan itu sebagai senjata untuk menemukan kelebihan potensi diri saya.

Potensi terbesar yang saya miliki adalah kemauan keras untuk belajar hal-hal baru. Membuat video pembelajaran maupun film dokumenter adalah hal baru bagi saya. Beberapa karya yang saya buat masih sangat jauh dari kata sempurna. Saya sangat menyadari itu. Namun itu bukan halangan untuk terus berkarya. Toh dalam berkarya tetap membutuhkan proses. Rasanya sudah biasa jika di awal berkarya hasilnya biasa-biasa saja.

Tidak masalah bagi saya. Saya berpikir jika tidak mencoba, lalu bagaimana saya bisa tahu batas kemampuan saya? Dari situlah saya tergerak untuk terus meningkatkan kapasitas diri. Kompetisi adalah salah satu jalan yang paling layak dilalui. Kompetisi akan mengasah kemampuan. Pun merangsang kreativitas dalam penciptaan.

Seperti halnya dengan Membatik 2020. Dalam ajang ini saya mencoba ikut untuk yang pertama kalinya. Hasilnya? Gagal total!

Namun, tenang. Kegagalan tersebut tetaplah menjadi alasan bagi saya untuk bahagia. Kok bisa? Iya. Setidaknya kegagalan itu telah ‘memaksa’ saya berani belajar dan mencoba hal baru dalam membuat video pembelajaran.

Hal yang lebih membahagiakan lagi adalah pada akhirnya saya masih memiliki kesempatan dan bahan untuk berbagi. Sungguh hal yang membahagiakan bisa berbagi hal yang bermanfaat. Membagikan konten video pembelajaran di kanal YouTube sekolah adalah salah satu pilihan.

Simak video pembelajaran IPA Tulang Kuat Hingga Tua di sini.

Jadi, selalu ada jalan bagi terciptanya kebahagiaan yang salah satunya adalah kegagalan.

- mo –

Posting Komentar

0 Komentar