Pembelajar sejati tidak pernah lelah belajar dari kekurangan dan kesalahan sebelumnya. Memperbaiki ke depan merupakan pilihan.
Peristiwa
Pada minggu ini saya mulai belajar modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Alur yang dijalani adalah ME, yaitu Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep. Dalam sesi Mulai dari Diri, saya menjawab beberapa pertanyaan terkait sosok seorang pemimpin. Pertanyaan-pertanyaan tersebut secara tidak sadar membuka wawasan Calon Guru Penggerak (CGP) tentang sosok pemimpin ideal. Sosok pemimpin ideal yang diharapkan ke depannya akan dimilikinya. Selain itu, juga menjawab pertanyaan terkait pengalaman dan pemahaman awal terkait sekolah sebagai ekosistem dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Tidak lupa juga CGP diminta berbagi tentang harapan-harapan baik ke depannya.
Sesi Eksplorasi Konsep berlangsung secara mandiri. Materi terkait sekolah sebagai ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan aset, sejarah singkat Asset Based Community Development (ABCD), dan aset-aset dalam komunitas. Pada sesi ini juga belajar memecahkan permasalahan dari beberapa studi kasus-kasus terkait aset di sekolah. Studi kasus tersebut diselesaikan secara mandiri dan diskusi.
Perasaan
Mempelajari hal baru menghadirkan sensasi kebahagiaan tersendiri. Terutama bagi seorang pembelajaran sejati. Seperti halnya saat membaca materi demi materi yang ada. Selain menciptakan rasa penasaran juga kebahagiaan saat mengeja pengetahuan yang ada. Mempelajari materi awal modul ini, ada keinginan kuat untuk segera menyelesaikan materi yang ada. Rasa penasaran yang ada karena pada dasarnya semua materi memang telah dipelajari secara nyata. Namun, belum terlalu optimal dalam menjalankannya. Melalui materi pemahaman pun semakin mendalam.
Pembelajaran
Pembelajaran utama dari proses ini adalah bahwa sejatinya masing-masing sekolah memiliki sumber daya berbeda. Dengan pengelolaan tepat, sumber daya tersebut menjadi kekuatan bagi sekolah. Bukan itu saja. Setelah mempelajari bagian ini ada pemahaman baru terkait kelemahan yang dimiliki sekolah. Kelemahan sejatinya adalah sumber daya yang bisa juga dikembangkan. Pada bagian ini berpikir positif terhadap sumber daya yang dimiliki adalah kunci.
Perubahan
Perubahan yang terjadi dalam diri adalah keinginan melakukan perbaikan ke depan. Selama ini banyak sumber daya di sekolah yang belum dimanfaatkan secara optimal. Ke depannya ada keinginan melakukan perubahan dalam pengelolaan sumber daya dengan baik. Hal tersebut didasari oleh meningkatnya pemahaman dalam diri CGP.
0 Komentar