Header Ads Widget

Belajar Terus Seterusnya Pembelajar

Mars Guru Penggerak

Setelah hampir tiga bulan mengikuti pendidikan dan latihan Program Pendidikan Guru Penggerak, akhirnya saya tahu lagu Mars Guru Penggerak (PGP). Mungkin bukan saya saja. Termasuk banyak peserta lain yang belum familier atau bahkan belum tahu kalau guru penggerak pun memiliki lagu mars.

Lagu mars sendiri merupakan sebuah jenis musik dengan memiliki komposisi irama yang teratur dan menghentak atau dimainkan dengan lebih bertenaga/keras (dinamik marcato) serta memiliki tempo cepat seperti orang berbaris (tempo mars). Pada awalnya lagu jenis ini dipakai untuk mengobarkan semangat dalam militer. Namun, perkembangan zaman banyak lembaga/instansi berusaha mengobarkan semangat lewat lagu mars. Salah satunya adalah Program PGP ini.

Berikut ini adalah partitur Mars Guru Penggerak dengan komposer Aris SD dari Komunitas Guru Belajar Guru Penggerak full score.

Mars Guru Penggerak
Mars Guru Penggerak

Berbekal partitur, musik, dan video contoh lagu dari fasilitator, saya pun tergerak untuk mempelajarinya. Mempelajari hal baru memang tidak mudah. Namun, bukan berarti sulit dilakukan. Berbekal tekad saya pun mulai latihan. Sampai titik tertentu ternyata saya masih kesulitan dalam mengepaskan nada lagu. Saya tidak menyerah. Dalam keterbatasan kemampuan menyesuaikan nada dengan notasi, saya pun mengunggah Mars Guru Penggerak di channel YouTube pribadi saya di tautan ini, Mars Guru Penggerak.

Selamat menikmati dan tetap gelorakan semangat agar tergerak untuk bergerak dan menggerakkan.

Posting Komentar

0 Komentar